sitemap
Click for Singkep, Indonesia Forecast
EXCHANGE RATES
 Currency  Rates (IDR)
1 0
Update :
SENTRAInfo.com - Direktori Bisnis Indonesia  SENTRAInfo.com
 Pusat Informasi Bisnis
Singkep Empowering Community (SEC)

YAYASAN SINGKEP 

ALAS KATA
Beranjak untuk membangun negeri kampung halaman pulau Singkep yang dulunya pernah termashur dengan kejayaan   PT Timah Persero selama 120 tahun yang kemudian sejak tahun 1991 perusahaan yang memberikan kesejahteraan hengkang, kawasan pulau Singkep menjadi daerah yang mati perekonomiannya. Banyak kalangan menyatakan bahwa kawasan pulau Singkep tidak akan memberikan prospek pengembangan perekonomian di masa datang.

Namun kenyataannya, dari kawasan tersebut terlahir dan tumbuh sumber daya manusia (SDM) yang berhasil dan memiliki kualitas yang memadai yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Baik sebagai birokrat, akademisi, teknokrat,  pengusaha dan diberbagai profesi bidang usaha lainnya. SDM ini merupakan asset daerah yang kuat apabila dapat diberdayakan dalam membangun kampung halaman pulau Singkep.

Oleh karenanya, beberapa akademisi, teknokrat dan pengusaha putera asal pulau Singkep yang berdomisili di Pekanbaru, Jakarta, Bangka dan Jambi mencoba untuk mengakomodir potensi SDM yang ada dengan mendirikan Yayasan Singkep pada tanggal 30 Agustus 2003 yang dituangkan alam Akte Notaris Asman Yunus SH nomor 112.

Sebelum menjadi Yayasan Singkep, kelembagaan pemberdayaan potensi SDM ini diberi nama Komunitas Pemberdayaan Singkep (KPS), kemudian dengan alasan bahwa kiprah potensi SDM ini lebih jelas dan memiliki kontinyuitas dalam membangun kampung halaman yaitu pulau Singkep, maka dikembangkan berbentuk yayasan.

Seiring dengan perkembangan kawasan yang kini telah menjadi bagian dari Kabupaten Lingga, maka ruang lingkup pemberdayaan potensi diperluas pada skala Kabupaten Lingga yang terdiri dari 3 pulau besar yakni pulau Singkep, Lingga dan Senayang.


VISI
Menjadi lembaga pemberdayaan masyarakat yang unggul dalam pengembangan perekonomian dan pendidikan di Kabupaten Lingga pada tahun 2024.


MISI
1. Meningkatkan pengembangan perekonomian masyarakat terutama usaha kecil menengah (UKM) dengan melakukan pemberdayaan masyarakat tempatan.
2. Meningkatkan pengembangan pendidikan di Kabupaten Lingga baik formal dan informal untuk meningkatkan kualitas SDM yang komperatif dan kompetitif.

PROGRAM PENGEMBANGAN
1. PROGRAM PENGEMBANGAN PEREKONOMIAN
 

  1. Mendirikan lembaga-lembaga perekonomian masyarakat seperti BPR, lembaga-lembaga keuangan non bank, lembaga-lembaga konsultasi bisnis dan lembaga pembinaan bisnis seperti PINBUK, PEK.
  2. Mendirikan usaha-usaha bisnis dengan konsep pemberdayaan masyarakat tempatan seperti BMT, KUBE, kelompok-kelompok usaha produktif lainnya.
  3. Memfasilitasi pengembangan UKM dengan perusahaan-perusahaan besar, lembaga keuangan, instansi pemerintah  dan lembaga-lembaga lainnya dalam pemanfaatan bantuan/pinjaman melalui pembinaan dan penyediaan pasar.
  4. Melakukan pelatihan-pelatihan kewirausahaan, usaha-usaha produktif, manajemen usaha dan pengembagan UKM.


2. PROGRAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

  1. Mendirikan lembaga pendidikan formal kejuruan yang berorientasi pasar (Bintan, Batam, Jambi, Singapura, Malaysia dan Bangkabelitung) dalam rangka peningkatan skill masyarakat usia kerja seperti SMK Maritim (Perkepalan, Perikanan dan Pariwisata), Politeknik Maritim, Akademi Bahasa Asing dan Akademi Pariwisata.
  2. Mendirikan lembaga pendidikan informal yang beroerientasi pasar (Bintan, Batam, Jambi, Singapura, Malaysia dan Bangkabelitung) seperti Balai Latihan Kerja (Perkapalan, Perikanan, Pertanian dan Pariwisata), Kursus Bahasa Asing dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang sesuai dengan potensi daerah.
  3. Melakukan pelatihan/training bagi pengelola sekolah, siswa dan masyarakat sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM.
  4. Mendirikan fasilitas-fasilitas yang berfungsi sebagai sarana pendidikan masyarakat yang berkonsep pendidikan luar sekolah, seperti Perpustakaan Singkep, Radio Siaran "Suara Lingga/Cendekia FM" dan penerbitan buku-buku.
  5. Melakukan pengembangan dan kegiatan-kegiatan seni budaya Melayu dan pariwisata.

PROGRAM YANG TELAH DILAKSANAKAN
1. Pendidikan 

  1. Mendirikan "Pustaka Singkep" yang berlokasi di Gedung Wisma Ria Jl. Pahlawan Dabosingkep, yang kini telah memiliki buku lebih dari 750 judul buku dan beroperasi sejak tahun 2002.
  2. Lembaga Pengembangan dan Pendidikan Sumber Daya Manusia (LPPSDM) Cendekia --- kursus bahasa asing (Inggris, Mandarin, Jepang dan Jerman), Bimbingan Belajar IPA bekerjasama dengan Bimbel Sinotif Jakarta. Lembaga ini beroperasi sejak Mei 2005
  3. SMK Maritim Singkep Barat (dalam tahap perencanaan fisik dan persiapan pembukaan).

2. Ekonomi Kerakyatan 

  1. Melakukan pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen BMT bagi UKM se Kabupaten Lingga tahun 2003.
  2. Mendirikan PT Singkep Tuah Pusaka - perusahaan yang bergerak di bidang umum
  3. Memfasilitasi penyaluran PUKK PT Timah Persero tahun pinjaman 2004 untuk masyarakat Singkep dan Singkep Barat.
  4. Radio "Suara Lingga FM" (dalam tahap persiapan).

 

PENGELOLA YAYASAN

Dewan Pendiri/Pembina
H. Rida K. Liamsi
Tengku Chandra Hasan Adenan
Dr. Firdaus LN., M.Si.
Ir. Jumri Arief

Ketua
Ir. Agus Sutikno, M.Si.

Sekretaris
Awitdrus, S.Si., M.Si.

Bendahara
Julita Saidi, SE., M.Si., Ak.

Anggota
Drs. Muhammad Hamdi, M.Si.
M. Ardiansyah, SE.
Shekun, SE.

Dewan Pengawas
Dr. Ir. Adrizal, M.Sc.
Ir. Sutrisno Saidi Tatetdagat, MM.

 

Viewed 5464 time(s)
Last update on 08 Mar 2006 04:57:20